Sabtu, 25 Juli 2020

Konfigurasi Network Bonding di Centos 7 #7

Hallo gaes..
Dalam study kasus pada postingan kali ini adalah:
Seorang Network Administrator ingin agar servernya memiliki backup kabel dan kecepatan bandwidth ingin setara dengan dua kabel. Pada contoh disini server mempunyai 4 unit NIC dan ingin dipasang 2 kabel jaringan, dimana ketika kedua kabel tersebut dipasang hanya akan terbaca satu NIC atau biasa di sebut Bonding Network, yang mana kecepatan upload dan download (bandwidth) setara dengan dua kabel dan ketika salah satu kabel mati jaringan akan tetap berfungsi normal walaupun mengalami kurangnya sedikit kecepatan karena kembali memakai satu kabel.
Keterangan di atas saya rangkum berdasarkan apa yang telah saya riset, untuk kepastiannya mungkin teman-teman bisa berkunjung ke web lain dengan artikel yang lebih valid.

Ok, namun sebelum kita ke langkah konfigurasi, ada baiknya kita mengerti tentang Bonding Network dan perbedaan dari tiap-tiap Tipenya.

Tipe Network Bonding
  • Mode 0 (Round-Robin)
    Paket jaringan mentransmisikan secara berurutan dari slave Network Interface (NIC) pertama yang tersedia menuju yang terakhir. Dengan cara ini setiap Ethernet Card digunakan untuk mengirim dan menerima paket jaringan. Jadi mode ini memiliki fitur load balancing dan toleransi kesalahan
     
  • Mode 1 (Active-Backup)
    Dalam hal ini hanya satu Ethernet Card dalam bond yang aktif. Ethernet Card slave lainnya hanya menjadi aktif hanya ketika slave yang aktif gagal. Alamat MAC Interface berikat logis tunggal terlihat secara eksternal pada hanya satu NIC (port) untuk menghindari distorsi dalam switch jaringan. Mode ini memberikan Fault Tolerance.  
  • Mode 2 (Balance-XOR)
    Mengirimkan berdasarkan [(sumber alamat MAC XOR dengan alamat MAC tujuan)modulo jumlah slave]. Ini memilih slave yang sama untuk setiap alamat MAC tujuan. Mode ini memberikan Load Balancing dan Fault Tolerance. 
  • Mode 3 (Broadcast)
    Paket jaringan ini mentransmisikan semua Slave Network Interface. Mode ini menyediakan fitur Fault Tolerance. 
  • Mode 4 (IEEE 802.3ad Dynamic Link Aggregation[802.3ad,LACP])
    IEEE 802.3ad Dynamic Link Aggregation. Membuat grup agregasi yang berbagi kecepatan dan pengaturan duplex yang sama. Memanfaatkan semua Slave dalam agregator aktif sesuai dengan spesifikasi 802.3ad. 
  • Mode 5 Adaptive transmit load balancing (TLB)
    Mode ini tidak memerlukan dukungan switch jaringan khusus.
    Lalu lintas paket jaringan keluar didistribusikan sesuai dengan beban saat ini di setiap interface slave. Lalu lintas masuk diterima oleh satu interface jaringan slave yang saat ini ditunjuk. Jika menerima slave gagal, slave lain mengambil alih alamat MAC dari slave yang gagal.
  • Mode 6 Adaptive Load Balancing (ALB)
    Tidak seperti Agregasi Tautan Dinamis, Penyeimbangan Beban Adaptif tidak memerlukan konfigurasi sakelar tertentu. Penyeimbangan Beban Adaptif hanya didukung di lingkungan x86. Paket penerima adalah beban seimbang melalui negosiasi ARP.
Kira-kira seperti diatas penjelasanya, lanjut ke tutorialnya saja ya gan.

Untuk tutorial disini kita akan menggunakan mode 0 atau Round-Robin, dimana menggunakan 2 Port fisik (Ethernet) namun hanya memiliki 1 IP, sehinggak ketika salah satu jalur putus, Server tetap bisa di akses.

Login ke server, bisa mengunakan SSH, Telnet, VNC, Virtual Console atau langsung terserah, lalu gunakan NMTUI untuk mempermudah konfigurasi
 
Lalu pilih bagian Edit
 
Klik Add, lihat gambar di atas
Setalah itu akan muncul berikut

Pilih Bond karena kita akan melakukan Network Bonding
Lalu tampil sesuai gambar berikut

Pada bagian ini kita bisa mengubah Profile Name dan Device Name atau perangkatnya sesuaikan sendiri, sekedar saran buat nama yang mudah di ingat saja misalnya Net-Bonding untuk profil dan Bond0 untuk device.
Selanjutnya Add ethernet fisik yang akan dijadikan untuk Bonding
 
Perhatikan gambar diatas.
Lalu isikan untuk Profile Name (sesuaikan) lalu masukan nama Device yang ingin di bonding pastikan namanya benar, untuk mengecek bisa menggunakan ifconfig. Admin isi dua device yaitu em1 dan em2.

Jika benar maka Mac dari device bisa terdeteksi, untuk mengeceknya silahkan klik edit, cek gambar dibawah
 
Selanjutnya pilih mode, lalu pilih configuration, admin menggunakan static jadi pilih manual jika kalian pake DHCP silakan sesuaikan dan pastikan menceklist pada bagian Require IPV4 (...), lalu klik OK
Perhatikan gambar berikut.
 
Jika sudah maka nanti akan ada device baru yaitu Bond0 dengan Profile Name Net-Bonding sesuai yang telah kita setting sebelumnya.
 
Jika semua sudah maka selanjutnya tinggal restart network
    #systemctl restart network
Lalau untuk pengecekan bisa dengan melakukan ping dan melepas salah satu kabel fisik atau disable salah satu port yang terdaftar pada Network Bonding, seharusnya akan tetap konek.
 
Ok, cukup  sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 
Share:

0 Comments:

Posting Komentar