Kamis, 10 Juni 2021

Fix Grub Rescue Arch Linux Setelah Update Windows [Solved]

Hallo brader

Balik lagi bareng gw disini, 

Kemarin ikut lomba blog idcloud gak menang huh, ya udah lah ya.

Kali ini kita akan membahas Fix Grub Rescue Arch Linux 

Yuk mari kita lakukan hahah, jadi ceritanya gw lama gak buka windows daaann sialnya windowsnya update, setelah gw tunggu lama eh malah grub rescue. Jadi kalo di kasus gw ini sebenernya partisi bootnya gak ilang, cuma mungkin ketimpa aja gitu akhirnya error. 

Langsung ke caranya, neeh gambarnya 


Gambarnya buriqq ye, ok gw jelasin syntaxnya ya

Pertama itu kita lihat ada berapa partisi pada drive kita, gunakan printah

"ls"

Maka nanti akan muncul partisi kita yg aktif atau terpakai, untuk tau dimana partisi system linux kita maka gw cari dan kalau linux itu kan filesystemnya "ext2", nah punya gw ada di (hd0,gpt10).

setelah itu barulah kita set Prefix dan Root, kita arahkan ke partisi tadi

"set prefix=(hd0,gpt10)/boot/grub"

"set root=(hd0,gpt10)"

"insmod normal"

"normal"

Nah kalau sudah begini tinggal tekan enter, jika benar seharusnya sudah masuk grub seperti ini


Untuk selanjutnya tinggal reinstall saja grubnya, caranya disini!

Ok sekian, semoga bermanfaat.

thx 

Share:

0 Comments:

Posting Komentar